Translate

14 Jan 2020

ⓇⒺⓃⓊⓃⒼⒶⓃ 💖ⓅⒶⒼⒾ 2⃣0⃣2⃣0⃣ 🅿🆄🅻🅰🅽🅶 🅺🅴 🆁🆄🅼🅰🅷

🌖 J A N U A R I 🌔
BUKU DI ATAS SEGALA BUKU

Tanggal 14, Hari Selasa
GALI YANG DALAM

📖 Ayat Inti: Mazmur 119 : 104
"Aku beroleh pengertian dari titah-titah."


👫🏡
Bagi pikiran dan jiwa, juga bagi tubuh, adalah hukum Allah bahwa kekuatan diperoleh dengan usaha. Latihan itulah yang mengembangkan. Sesuai dengan hukum ini, Allah menyediakan dalam Firman-Nya sarana untuk perkembangan mental dan rohani.

Alkitab berisi seluruh prinsip yang manusia perlu pahami supaya dapat dilayakkan baik untuk kehidupan sekarang maupun untuk kehidupan mendatang. Dan prinsip-prinsip ini dapat dimengerti oleh semua orang. Tidak ada orang dengan roh menghargai pengajaran itu dapat membaca satu bagian tersendiri dari Alkitab tanpa memperoleh dari padanya suatu pemikiran yang menolong. Tetapi pengajaran Alkitab yang paling berharga tidak akan diperoleh dengan penelitian sewaktu-waktu atau terputus-putus. Sistem kebenarannya yang besar tidak disajikan sedemikian rupa sehingga dapat dilihat oleh pembaca yang tergesa-gesa atau yang sembrono. Banyak hartanya terpendam jauh di bawah permukaan dan hanya dapat diperoleh dengan penelitian yang rajin dan usaha yang terus-menerus. Kebenaran-kebenaran yang bertambah-tambah sampai menjadi sangat besar harus diselidiki dan dikumpulkan, “sedikit di sini, sedikit di sana” (Yesaya 28: 10, terjemahan lama).

Apabila diselidiki demikian dan dikumpulkan bersama-sama, maka semuanya itu akan didapati sangat cocok satu dengan yang lain. Setiap Injil adalah tambahan kepada yang lain, setiap nubuatan adalah keterangan terhadap yang lain, setiap kebenaran adalah perkembangan dari kebenaran yang lain. Corak ekonomi Yahudi dijelaskan oleh injil. Setiap prinsip dalarn Firman Allah ada tempatnya, setiap kenyataan ada kaitannya. Dan susunan yang lengkap, dalam rancangan dan pelaksanaan, memberikan kesaksian tentang Khaliknya. Tidak ada orang yang dapat memikirkan atau membentuk susunan seperti itu kecuali Yang Mahakekal itu.

Dalam menyelidiki pelbagai bagian dan mempelajari hubungannya, kemarnpuan pikiran manusia yang paling tinggi terpanggil ke dalam kegiatan yang besar. Tidak ada orang dapat terlibat dalam penyelidikan tersebut tanpa mengembangkan kuasa pikiran.

Dan pikiran menilai pelajaran Alkitab bukan hanya tercakup dalam menyelidiki kebenaran dan menghimpunnya bersama-sama. Itu juga tercakup dalam usaha yang diperlukan untuk menangkap tema yang disajikan.

✅ Pikiran yang hanya dipenuhi dengan masalah-masalah yang lumrah saja, menjadi kerdil dan lemah. Jika tidak pernah ditugaskan untuk memahami kebenaran besar dan jauh jangkauannya, setelah suatu waktu kehilangan kuasa pertumbuhan. Sebagai penjaga terhadap kemerosotan ini, dan perangsang untuk berkembang, tidak ada hal lain lagi yang dapat menyamai penyelidikan Firman Allah. --Seri Membzl na Keluarga, jld. 3, hlm. 109, 110.



Pendalaman 📝
WA:  08111-62662-9


𝕋𝕌ℍ𝔸ℕ 𝕄𝔼𝕄𝔹𝔼ℝ𝕂𝔸𝕋𝕀🙏🏻

No comments: