Translate

13 Jan 2020

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa: Buku Daniel

πŸ“– Pelajaran ✝ Alkitab πŸ“–

πŸ“œ D A N I E L πŸ”‘
 
Oleh: Elias Brazil de Souza , PhD.

Pelajaran ke-3 :
Dari Misteri Kepada Pengungkapan
πŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”Έ
Senin, 13 Jan. 2020 

Doa 

Daniel segera mengajak ketiga temannya untuk sesi doa, menjelaskan bahwa mereka akan dieksekusi jika Allah tidak mengungkapkan mimpi itu. Setiap kali kita menghadapi masalah besar, kita juga harus menyadari bahwa Allah kita cukup hebat untuk menyelesaikan bahkan tantangan yang paling tidak mungkin terpecahkan. 

Baca Daniel 2: 7-23. Apakah dua jenis doa yang didoakan di sini? 

Dua jenis doa disebutkan dalam pasal ini. Yang pertama adalah doa permohonan di mana Daniel meminta Tuhan untuk mengungkapkan isi mimpi dan penafsirannya (Dan. 2: 17-19). Kata-kata dari doa ini tidak diberikan, tetapi kepada kita diceritakan bahwa Daniel dan teman-temannya “memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel” (Dan 2: 18). Saat mereka berdoa, Tuhan menjawab permohonan mereka dan mengungkapkan isi dan interpretasi dari mimpi raja. Kita dapat yakin bahwa kapan pun kita berusaha “memohon kasih sayang Allah semesta langit, doa kita akan didengar juga,” walaupun mungkin tidak dengan cara dramatis seperti yang kita lihat di sini, karena Allah Daniel adalah Allah kita juga. 

Menanggapi jawaban Tuhan atas permohonan mereka, Daniel dan teman-temannya mendoakan ucapan syukur dan pujian. Mereka memuji Tuhan karena menjadi sumber kebijaksanaan dan karena mengendalikan alam dan sejarah politik. Ada pelajaran penting yang bisa kita pelajari di sini. Ketika kita berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk banyak hal, seberapa sering kita memuji dan berterima kasih kepada-Nya karena menjawab doa-doa kita? Pengalaman Yesus dengan kesepuluh penderita kusta memberikan ilustrasi yang tepat tentang rasa terima kasih manusia. Dari sepuluh yang disembuhkan, hanya Satu yang kembali “untuk memuliakan Allah” (Luk. 17: 18). Tanggapan Daniel tidak hanya mengingatkan kita akan pentingnya ucapan syukur dan pujian, tetapi juga mengungkapkan karakter Allah yang kita doakan. Ketika kita berdoa kepada-Nya, kita dapat memercayai-Nya untuk melakukan apa yang menjadi kepentingan terbaik kita, dan dengan demikian kita harus selalu memuji dan berterima kasih kepada-Nya. 

Baca Mazmur 138. Apakah yang dapat Anda ambil dari doa ucapan syukur ini yang dapat membantu Anda belajar untuk bersyukur kepada Allah, terlepas dari keadaan yang Anda hadapi?

πŸ•ŽπŸ”✝

Pendalaman πŸ“–

Paul H. Edson : +62 813-7062-0545

Tuhan yang memberkati  πŸ™

No comments: