Translate

6 Jan 2020

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa: Kitab Daniel

πŸŒ… Selamat sore saudaraku, marilah kita mempelajari pelajaran *Sekolah Sabat* hari ini. Firman Tuhan akan membuat kehidupan kerohanian kita bertumbuh.🌱


πŸ“– Pelajaran ✝ Alkitab πŸ“–

πŸ“œ D A N I E L πŸ”‘

Oleh: Elias Brazil de Souza , PhD.

Pelajaran ke-2 :
Dari Yerusalem ke Babel
πŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”ΈπŸ”ΉπŸ”Έ
Senin, 6 Jan. 2020

Iman di Bawah Tekanan

Baca Daniel 1. Tekanan apakah yang diberikan kepada para pemuda ini untuk tunduk?

Setibanya di Babel, keempat pemuda ini harus menghadapi tantangan paling serius terhadap iman dan keyakinan mereka: mereka dipilih menjalani pelatihan khusus untuk melayani raja. Raja-raja kuno sering merekrut beberapa tawanan terbaik mereka untuk melayani di istana kerajaan, dan, dengan demikian, mengalihkan kesetiaan mereka kepada raja dan para dewa kekaisaran yang menangkap mereka. Memang, seluruh proses dimaksudkan untuk memengaruhi semacam konversi dan indoktrinasi yang akan menghasilkan perubahan pandangan dunia. Sebagai bagian dari proses itu, para tawanan Ibrani diubah namanya. Nama baru menandakan perubahan kepemilikan dan perubahan nasib. Jadi, dengan mengganti nama tawanan, orang Babel bermaksud untuk menegaskan otoritas atas mereka dan memaksa mereka untuk menerima nilai-nilai dan budaya Babel. Nama asli mereka, yang menunjuk pada Allah Israel, diganti dengan nama-nama yang menghormati dewa asing. Selain itu, raja menentukan bahwa para pemuda harus makan dari mejanya. Makan dari makanan raja memiliki implikasi mendalam pada zaman kuno. Itu berarti kesetiaan yang tak terbagi kepada raja dan mencerminkan ketergantungan padanya. Dan karena makanan biasanya dipersembahkan kepada dewa-dewa kerajaan, makan juga memiliki makna keagamaan yang mendalam. Itu jelas berarti penerimaan dan partisipasi dalam sistem ibadah kepada raja.

Jadi, Daniel dan teman-temannya mendapati diri mereka dalam keadaan yang penuh tantangan. Bagi mereka untuk tetap setia kepada Tuhan dan bertahan hidup dari kekuatan yang luar biasa dari sistem kerajaan menuntut adanya keajaiban. Yang mempersulit masalah, kota Babel sendiri juga berdiri sebagai ekspresi monumental dari pencapaian manusia. Keindahan arsitektural kuil-kuil Babel, taman-taman gantung, dan Sungai Efrat yang berkelok-kelok melintasi kota menyampaikan citra kekuatan dan kemuliaan yang tak tertandingi. Jadi, Daniel dan teman-temannya ditawari kesempatan untuk promosi dan kesempatan untuk menikmati manfaat dan kemakmuran sistem ini. Mereka bisa berhenti menjadi tawanan Ibrani dan menjadi pejabat kerajaan. Apakah mereka akan mengkompromikan prinsip-prinsip mereka untuk menapaki jalan menuju kemuliaan yang mudah?

Dengan cara apakah para pemuda ini dapat merasionalkan keputusan untuk mengkompromikan keyakinan mereka? Dengan cara apakah sekarang Anda menghadapi tantangan yang serupa, dengan cara yang lebih halus?

πŸ•ŽπŸ”✝

Pendalaman πŸ“–

Paul H. Edson : +62 813-7062-0545

Tuhan yang memberkati πŸ™

No comments: