Translate

5 Jan 2020

Renungan malam SEIMAN #735 5 Januari 2020

.

 

BIOGRAFI YANG DITULIS SEBELUM LAHIR

 

“Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,” Yohanes 5:39

 

Apakah mungkin biografi seseorang telah dituliskan sebelum kelahirannya?  Tidak mungkin bukan? Namun segala sesuatu itu mungkin bagi Tuhan. Bahkan ini adalah tanda bahwa Tuhan Allah itu adalah Allah yang benar, sebab Ia mengetahui akan masa depan, dan Ia telah memberikan berbagai nubuatan yang akan terjadi pada masa mendatang. Nah salah satu nubuatan yang luar biasa adalah nubuatan yang ditulis oleh berbagai nabi mengenai Yesus lama sebelum kelahiranNya.

 

Misalnya Kejadian 3:15 merupakan nubuatan tentang pertentangan antara Yesus sebagai benih perempuan dengan Setan yang dilambangkan sebagai ular dimana pertentangan itu berakhir di Golgota, pada waktu Yesus disalibkan sehingga dengan cara itu Yesus menjadi Juru Selamat dunia. Kemudian kita melihat berbagai nubuatan mengenai Yesus, misalnya yang tertulis dalam Mikah 5:2 dimana Yesus akan dilahir, di Bethlehem. Yesaya 7:14 mengatakan Yesus akan dilahirkan oleh seorang perawan dan diberikan nama Immanuel. Bilangan 24:17 mengatakan bahwa Yesus akan disebutkan Bintang Yakub. Yesaya 61:1-3 mengatakan mengenai pekerjaan Kristus yang akan memberikan berbagai macam pelayanan kepada kepada orang lain. Mazmur 41:9 mengatakan bahwa Yesus akan di hianati oleh sahabatnya sendiri. Zakharia 11;12,13 mengatakan Yesus akan dijual dengan 30 keping perak. Bagaimana  Zakharia dapat mengetahui bahwa harga seorang budak itu sebanyak 30 keping perak 400-an tahun sebelumnya? Bahkan apa yang akan terjadi 24 jam sebelum kematiannya telah digambarkan oleh Alkitab, misalnya Yesaya 50:6, “Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.” Bukankah ini yang dialami Yesus? Mengenai penyalibannya juga telah dituliskan oleh Daud di Mazmur 22:16, “Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.”

 

Sungguh suatu hal yang sangat luar biasa sebab pada saat Daud hidup sekitar 1000 tahun sebelum Masehi, belum ada hukuman penyaliban. Hukuman ini baru diperkenalkan pada tahun 160 Sebelum Masehi dan berakhir pada thn 320 Tarikh Masehi. Bahkan kapan Yesus dibaptiskan dan kapan Ia mati telah digambarkan dengan tepat melalui nubuatan Daniel 9.

 

Sangat luar biasa! Kita dapat melihat semua nubuatan ini dipenuhi dengan jelas dan tepat waktu. Jadi sungguh benar dikatakan bahwa biografi Yesus telah dituliskan sebelum kelahirannya. Hal ini diberikan kepada kita agar kita meyakini bahwa Alkitab itu memang benar. Firman Allah dapat dipercayai. Semoga kita masing masing tidak pernah akan meragukan firman Tuhan dan mau menurutinya dengan penuh sukacita. .

 

Kathleen-Jonathan Kuntaraf

No comments: